Archive for the sedikit sok tau=p Category

episode kehidupan :-)

Posted in sedikit sok tau=p, SekedarMuhasabah on September 10, 2009 by lanymeeladh

lany nemuin posting inih di blognyah mba immel….. dan sudah minta izin untuk copas,,,,kekekekek…..

posting inih emang bener pembelajaran untuk tyap episode kehidupan yg kita lalui…=p

1. Ketika Akan Menikah
# jangan lah mencari istri tapi ibu bagi anak – anak kita
# janganlah mencari suami, tapi ayah bagi anak – anak kita

2. Ketika Melamar
# Anda bukan sedang meminta kepada wali atau orang tua si gadis , tetapi meminta kepada Alloh melalui orang tua si gadis.

3. Ketika Menikah
# Anda bukan menikah di hadapn penghulu tappi di hadapan Alloh

4. Ketika Resepsi Pernikahan
# Catat dan hitung semua tamu, yang datang untuk mendoakan anda….karena anda harus berfikir untuk mengundang mereka semua dan meminta maaf apabila anda berfikir untuk bercerai karena menyia – nyiakan doa mereka.

5. Sejak malam pertama
# Bersyukurlah dan bersabarlah , anda adalah seorang anak manusia dan bukan sepasang malaikat.

6. Selama Menempuh hidup berkeluarga
# Sadarilah bahwa jalan yang akan di lalui tidak melulu jalan bertabur bunga tapi juga semak belukar yang penuh onak dan duri.

7. Ketika biduk rumah tangga oleng
# Jangan saling melepas tangan , tapi sebaliknya justru semakin erat berpegangan tangan.

8. Ketika Belum memiliki anak
# Cintailah istri atau suami anda seratus persen.

9. Ketika memiliki anak
# Jangan bagi cinta anda kepada suami / istri dan anak anda, tetapi cintailah istri atau suami anda seratus persen dan cintai anak – anak masing – masing seratus persen.

10. Ketika ekonomi keluarga belum membaik
# yakinlah bahwa pintu rizki akan terbuka lebar berbanding lurus dengan tingkat ketaatan suami dan istri.

11. Ketika Ekonomi membaik
# Jangan lupa jasa pasangan hidup yang setia mendampingi kita semasa menderita .

12. Untuk anda adalah suami
# Boleh bermanja – manja kepada istri tetapi jangan lupa untuk bangkit secara bertanggungjawab apabila istri membutuhkan pertolongan anda.

13. Ketika anda adalah istri
# Tetaplah berjalan dengan gemulai dan lemahlembut tetapi selalu berhasil menyelesaikan semua pekerjaan.

14. Untuk mendidik anak
# Jangan pernah berfikir bahwa orangtua yang baik adalah yang tidak pernah marah kepada anaknya karena orangtua yang baik adalah yang jujur kepada anak.

15. Ketika anak bermasalah
#Yakinlah bahwa tidak ada seorangpun yang tidak mau bekerjasama dengan orangtua, yang ada adalah anak yang merasa tidak di dengar orangtua.

16. Ketika ada PIL
# jangan di minum, cukuplah suami sebagai obat

17. Ketika ada WIL
# jangan di turuti, cukuplah istri sebagai pelabuhan hati

18. Ketika Memilih Potret Keluarga
# Pilihlah potret keluarga sekolah yang dalam masa pertumbuhan menuju potret keluarga masjid

19. Ketika Ingin Langgeng Harmonis
# Gunakan Formula 6 K
* ketakwaan
* kasih sayang
*Kesetiaan
* komunikasi dialogis
* keterbukaan
* kejujuran

Iklan

“degradasi budaya” kah???

Posted in sedikit sok tau=p on Agustus 28, 2009 by lanymeeladh

Tadi pas shubuh iseng chek FB… ada pesen… bikin sedikit “esmosi”… dan respon pertama lany adalah “what the hell are you talking about???” …. bawa2 suku abisnyah… untung dah masuk waktu shaum jadi tuh orang ga jadi nyobain giginyah rontok (heuheuy…lebay.com)… pesan yang sedikit nista [menurut lany] isinyah begindang :::

“Mentang2 orang garut ya buat promosi daerahnya.sy aja yng masih ada keturan snda.ga promosi abis malu ma orang banyak.”

Aneh…gada angin gada ujan.. tiba2 sadja beliau menongol di message dengan kata2 yang tak indah ituh… diinget2 lagi… apa yha yg membuat nyah berkata begituh????… ternyata setelah diteliti dan diperhatikan dengan seksama… barulah dinda mengerti bahwa status lany di fb terakhirnyah ada kalimat ‘@garut, jawa barat’ … yep yang punya akun di koprol pasti tau dunn kenapa status kita klu di fb ada tambahan tempat… tadinyah maw marah jadi geli… aheuheuheu…. Mungkin beliau ituh tidak tau menau klo lany update status nyah di koprol….. yha sudahlah… biarkan guguk mengonggong kafilah berlalu… tp syetan ternyata menang dan membuat kalimat yang indah untuk membuat lany steril dari esmosi.. kalimat itu adalah “makanyah klo gataw koprol jangan sok tau…” hehehe…. menggerutu sadja sudah cukup….=p…

Sebetulnyah bukan esmosi lany inti posting kali inih… tp dari kalimat misej (nyunda pisan=p) itu lany ambil pelajaran… sepertinyah memang bangsa kita inih mengalami ‘degradasi budaya’ [jiieehhh bahasanyah].. yha…. Banyak yang merasa malu dengan budaya asli… [budaya yang dibawa dari lahir].. contoh kongkrit lany sebagai orang sunda… kadang udah gataw bahasa sunda yang asli [sunda buhun].. kadang klo orang tua ngomong atau pernah waktu PKL lany ada jadwal ngasih pengajian pake bahasa sunda.. pas nyari referensi kata2nyah lany azah ga ngerti….heuheu… belajar lg lah ma mama padahal ituh bahasa sunda dan lany ‘orang sunda’.. golongan orang sunda terkutuk karena tidak menjaga budaya asli… yeahh.. terus terang lany ngerti sunda yang umum2 sadja…. Sunda aslina mah blepotan=p

Atau kadang… abegeh2 klo kebetulan lany denger obrolan mereka… jarang yang pake bahasa sunda…malu kayaknyah klo ngobrol pake bahasa sunda… da garut mah atuh teuteup khas logatnyah juga,,, jadi malah lucu dengernyah klo dipaksain orang sunda pake bahasa metropolis…. Kadang nyampur…. Kaya “segituh juga sudah uyuhan”..heuheueheu.. [ituh mah bahasa Indonesia dirusak bahasa sunda dirusak].. banyaklah kalimat2 yang kesannyah jadi ‘maksain’.. padahal kenapa c engga berusaha melestarikan budaya kita???

Mungkin karena semakin maju jaman maka akulturasi budaya pun semakin terasa…. Orang2 metropolis lupa bahwa kita orang timur… bangga azah mengikuti budaya barat… alhasil pergaulan sudah tak menentu [naon nyak sok tau c lany..hehe]… dan orang2 daerah… lupa bahwa kita adalah orang daerah.. bangga azah mengikuti adat metropolis… alhasil… budaya asli kita sudah tercemar… engga ada rasa bangga sama adat masing2… klo udah kaya ginih… maka siap2 azah bangsa kita yang terkenal dengan beragam budaya ituh akan terkikis sedikit demi sedikit dan akhirnyah mungkin hilang sama sekali….

Yepp… mungkin betul kata2 “bahwa kita ituh salah kaprah menghadapi perkembangan jaman”.. seharusnyah kita mengikuti perkembangan jaman tanpa menghilangkan asal-usul [budaya] asli kita… klo udah beginih… bangsa kita ituh keropos…. Merasa trendi mengikuti perkembangan jaman padahal sebetulnyah tidak punya jati diri… inget kalimat yang menggambarkan Neara kita sekarang “seperti sebuah bendera yang dipasang berkibar dengan gagahnya akan tetapi tiangnyah dibiarkan berkarat dan lapuk dimakan rayap”… cukup miris….. budaya ituh adalah akar… maka tumbuhan ituh akan kuat jika akarnyah pun kuat…….

Pertanyaannyah sekarang.. ‘akankah kita benar2 kehilangan budaya asli kita???’… klo bukan kita sendiri yang menjaga DARI SEKARANG sebelum budaya ituh benar2 terkikis maka bersyap2lah anak cucu kita tidak mengenal “budaya asli moyang nyah” jangan salahkan klo kita dengan gampangnyah dimasuki oleh budaya2 negara laen…. Karena memang Negara kita sudah keropos….=p