“degradasi budaya” kah???

Tadi pas shubuh iseng chek FB… ada pesen… bikin sedikit “esmosi”… dan respon pertama lany adalah “what the hell are you talking about???” …. bawa2 suku abisnyah… untung dah masuk waktu shaum jadi tuh orang ga jadi nyobain giginyah rontok (heuheuy…lebay.com)… pesan yang sedikit nista [menurut lany] isinyah begindang :::

“Mentang2 orang garut ya buat promosi daerahnya.sy aja yng masih ada keturan snda.ga promosi abis malu ma orang banyak.”

Aneh…gada angin gada ujan.. tiba2 sadja beliau menongol di message dengan kata2 yang tak indah ituh… diinget2 lagi… apa yha yg membuat nyah berkata begituh????… ternyata setelah diteliti dan diperhatikan dengan seksama… barulah dinda mengerti bahwa status lany di fb terakhirnyah ada kalimat ‘@garut, jawa barat’ … yep yang punya akun di koprol pasti tau dunn kenapa status kita klu di fb ada tambahan tempat… tadinyah maw marah jadi geli… aheuheuheu…. Mungkin beliau ituh tidak tau menau klo lany update status nyah di koprol….. yha sudahlah… biarkan guguk mengonggong kafilah berlalu… tp syetan ternyata menang dan membuat kalimat yang indah untuk membuat lany steril dari esmosi.. kalimat itu adalah “makanyah klo gataw koprol jangan sok tau…” hehehe…. menggerutu sadja sudah cukup….=p…

Sebetulnyah bukan esmosi lany inti posting kali inih… tp dari kalimat misej (nyunda pisan=p) itu lany ambil pelajaran… sepertinyah memang bangsa kita inih mengalami ‘degradasi budaya’ [jiieehhh bahasanyah].. yha…. Banyak yang merasa malu dengan budaya asli… [budaya yang dibawa dari lahir].. contoh kongkrit lany sebagai orang sunda… kadang udah gataw bahasa sunda yang asli [sunda buhun].. kadang klo orang tua ngomong atau pernah waktu PKL lany ada jadwal ngasih pengajian pake bahasa sunda.. pas nyari referensi kata2nyah lany azah ga ngerti….heuheu… belajar lg lah ma mama padahal ituh bahasa sunda dan lany ‘orang sunda’.. golongan orang sunda terkutuk karena tidak menjaga budaya asli… yeahh.. terus terang lany ngerti sunda yang umum2 sadja…. Sunda aslina mah blepotan=p

Atau kadang… abegeh2 klo kebetulan lany denger obrolan mereka… jarang yang pake bahasa sunda…malu kayaknyah klo ngobrol pake bahasa sunda… da garut mah atuh teuteup khas logatnyah juga,,, jadi malah lucu dengernyah klo dipaksain orang sunda pake bahasa metropolis…. Kadang nyampur…. Kaya “segituh juga sudah uyuhan”..heuheueheu.. [ituh mah bahasa Indonesia dirusak bahasa sunda dirusak].. banyaklah kalimat2 yang kesannyah jadi ‘maksain’.. padahal kenapa c engga berusaha melestarikan budaya kita???

Mungkin karena semakin maju jaman maka akulturasi budaya pun semakin terasa…. Orang2 metropolis lupa bahwa kita orang timur… bangga azah mengikuti budaya barat… alhasil pergaulan sudah tak menentu [naon nyak sok tau c lany..hehe]… dan orang2 daerah… lupa bahwa kita adalah orang daerah.. bangga azah mengikuti adat metropolis… alhasil… budaya asli kita sudah tercemar… engga ada rasa bangga sama adat masing2… klo udah kaya ginih… maka siap2 azah bangsa kita yang terkenal dengan beragam budaya ituh akan terkikis sedikit demi sedikit dan akhirnyah mungkin hilang sama sekali….

Yepp… mungkin betul kata2 “bahwa kita ituh salah kaprah menghadapi perkembangan jaman”.. seharusnyah kita mengikuti perkembangan jaman tanpa menghilangkan asal-usul [budaya] asli kita… klo udah beginih… bangsa kita ituh keropos…. Merasa trendi mengikuti perkembangan jaman padahal sebetulnyah tidak punya jati diri… inget kalimat yang menggambarkan Neara kita sekarang “seperti sebuah bendera yang dipasang berkibar dengan gagahnya akan tetapi tiangnyah dibiarkan berkarat dan lapuk dimakan rayap”… cukup miris….. budaya ituh adalah akar… maka tumbuhan ituh akan kuat jika akarnyah pun kuat…….

Pertanyaannyah sekarang.. ‘akankah kita benar2 kehilangan budaya asli kita???’… klo bukan kita sendiri yang menjaga DARI SEKARANG sebelum budaya ituh benar2 terkikis maka bersyap2lah anak cucu kita tidak mengenal “budaya asli moyang nyah” jangan salahkan klo kita dengan gampangnyah dimasuki oleh budaya2 negara laen…. Karena memang Negara kita sudah keropos….=p

Iklan

15 Tanggapan to ““degradasi budaya” kah???”

  1. Sering-sering aja berkunjung ke kampung-kampung di seluruh pelosok Indonesia.. setidaknya untuk mengerti dan memahami kebesaran budaya Indonesia (termasuk sunda).. Nice contemplation.

    Abi ge ti Garut (blush)

    • lanymeeladh Says:

      hehehe… mimpi lany daridulu kang… pengen jalan2 ngeliat keanekaragaman budaya indonesia… cuma sayangnya masalah perizinan susah di ACC ma ortu,,,=p

      (woot) akang teh ti garut… pendak dulur salembur [leureus teu bahasana]..he…..

  2. Ya segitu jg Lany mah udah uyuhan atuh (LOL) Dijaman yg sudah mempertontonkan ego yg cukup tinggi masih mau mengikut-sertakan sepatah sajah sudah bagus 😀
    “Leureus=coret badag” => Leres *tanpa U*

  3. sabar ya neng …
    hal ini layaknya 2 orang dengan 2 pandangan yang sangat bertolak belakang …
    kalo si eneng melihatnya sebagai kebanggaan bisa mempromosikan kebudayaan daerah .. kl dia melihat itu sebagai sesuai yang norak / tidak pantas tuk dipromosiin ..
    gak sedikit lho orang yang seperti itu .. lebih baik jangan marah, tapi kl emang ada kesempatan / acara ke daerah2/acara budaya, ajak dia .. jadi dia tau / kenal .. ‘Tak Kenal Maka Tak Sayang’ mungkin tepat untuk dia ..

    Iklan Baris

    • lanymeeladh Says:

      yepz mas….
      mungkin beda presepsi…. padahal sebebtulnyah qta harus mencoba meningkatakan kecintaan kita sama budaya kita….
      ga marah kok mas,,, cuma kesel [sama aza yha]…kekekekek…..
      hu’uh.. mudah2an orang yg seperti ituh ga nambah2 lg deyh…=p
      makasih udah berkunjung mas:-)

  4. kaleum…urang mah ka agehan meresan jaman.
    panceg dina galur !!!

  5. wios neng ulah didangukeun nu kitu mah. 🙂

  6. He… he… subuh – subuh maca tulisan ieu jadi rame,
    eta aya “segituh juga sudah uyuhan” jadi hayang seuri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: