Arsip untuk Agustus, 2009

“degradasi budaya” kah???

Posted in sedikit sok tau=p on Agustus 28, 2009 by lanymeeladh

Tadi pas shubuh iseng chek FB… ada pesen… bikin sedikit “esmosi”… dan respon pertama lany adalah “what the hell are you talking about???” …. bawa2 suku abisnyah… untung dah masuk waktu shaum jadi tuh orang ga jadi nyobain giginyah rontok (heuheuy…lebay.com)… pesan yang sedikit nista [menurut lany] isinyah begindang :::

“Mentang2 orang garut ya buat promosi daerahnya.sy aja yng masih ada keturan snda.ga promosi abis malu ma orang banyak.”

Aneh…gada angin gada ujan.. tiba2 sadja beliau menongol di message dengan kata2 yang tak indah ituh… diinget2 lagi… apa yha yg membuat nyah berkata begituh????… ternyata setelah diteliti dan diperhatikan dengan seksama… barulah dinda mengerti bahwa status lany di fb terakhirnyah ada kalimat ‘@garut, jawa barat’ … yep yang punya akun di koprol pasti tau dunn kenapa status kita klu di fb ada tambahan tempat… tadinyah maw marah jadi geli… aheuheuheu…. Mungkin beliau ituh tidak tau menau klo lany update status nyah di koprol….. yha sudahlah… biarkan guguk mengonggong kafilah berlalu… tp syetan ternyata menang dan membuat kalimat yang indah untuk membuat lany steril dari esmosi.. kalimat itu adalah “makanyah klo gataw koprol jangan sok tau…” hehehe…. menggerutu sadja sudah cukup….=p…

Sebetulnyah bukan esmosi lany inti posting kali inih… tp dari kalimat misej (nyunda pisan=p) itu lany ambil pelajaran… sepertinyah memang bangsa kita inih mengalami ‘degradasi budaya’ [jiieehhh bahasanyah].. yha…. Banyak yang merasa malu dengan budaya asli… [budaya yang dibawa dari lahir].. contoh kongkrit lany sebagai orang sunda… kadang udah gataw bahasa sunda yang asli [sunda buhun].. kadang klo orang tua ngomong atau pernah waktu PKL lany ada jadwal ngasih pengajian pake bahasa sunda.. pas nyari referensi kata2nyah lany azah ga ngerti….heuheu… belajar lg lah ma mama padahal ituh bahasa sunda dan lany ‘orang sunda’.. golongan orang sunda terkutuk karena tidak menjaga budaya asli… yeahh.. terus terang lany ngerti sunda yang umum2 sadja…. Sunda aslina mah blepotan=p

Atau kadang… abegeh2 klo kebetulan lany denger obrolan mereka… jarang yang pake bahasa sunda…malu kayaknyah klo ngobrol pake bahasa sunda… da garut mah atuh teuteup khas logatnyah juga,,, jadi malah lucu dengernyah klo dipaksain orang sunda pake bahasa metropolis…. Kadang nyampur…. Kaya “segituh juga sudah uyuhan”..heuheueheu.. [ituh mah bahasa Indonesia dirusak bahasa sunda dirusak].. banyaklah kalimat2 yang kesannyah jadi ‘maksain’.. padahal kenapa c engga berusaha melestarikan budaya kita???

Mungkin karena semakin maju jaman maka akulturasi budaya pun semakin terasa…. Orang2 metropolis lupa bahwa kita orang timur… bangga azah mengikuti budaya barat… alhasil pergaulan sudah tak menentu [naon nyak sok tau c lany..hehe]… dan orang2 daerah… lupa bahwa kita adalah orang daerah.. bangga azah mengikuti adat metropolis… alhasil… budaya asli kita sudah tercemar… engga ada rasa bangga sama adat masing2… klo udah kaya ginih… maka siap2 azah bangsa kita yang terkenal dengan beragam budaya ituh akan terkikis sedikit demi sedikit dan akhirnyah mungkin hilang sama sekali….

Yepp… mungkin betul kata2 “bahwa kita ituh salah kaprah menghadapi perkembangan jaman”.. seharusnyah kita mengikuti perkembangan jaman tanpa menghilangkan asal-usul [budaya] asli kita… klo udah beginih… bangsa kita ituh keropos…. Merasa trendi mengikuti perkembangan jaman padahal sebetulnyah tidak punya jati diri… inget kalimat yang menggambarkan Neara kita sekarang “seperti sebuah bendera yang dipasang berkibar dengan gagahnya akan tetapi tiangnyah dibiarkan berkarat dan lapuk dimakan rayap”… cukup miris….. budaya ituh adalah akar… maka tumbuhan ituh akan kuat jika akarnyah pun kuat…….

Pertanyaannyah sekarang.. ‘akankah kita benar2 kehilangan budaya asli kita???’… klo bukan kita sendiri yang menjaga DARI SEKARANG sebelum budaya ituh benar2 terkikis maka bersyap2lah anak cucu kita tidak mengenal “budaya asli moyang nyah” jangan salahkan klo kita dengan gampangnyah dimasuki oleh budaya2 negara laen…. Karena memang Negara kita sudah keropos….=p

RAMADHAN… welcome (cozy)

Posted in SekedarMuhasabah on Agustus 20, 2009 by lanymeeladh

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa, sebagiamana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi orang yang bertaqwa”. (Al-Baqoroh:183)

tepat sehari lagi pas lany nulis inih…. bulan penuh maghfirah… ramadhan datang….. menjelang ramadhan rasanyah campur aduk campur sari…. pokoknyah campur-campur d….:p

gmn ga seneng… ALLAH yang Maha Keren masih memberi lany kepercayaan menghembuskan nafas sampe ramadhan inih….. tp masih ada kira2 beberapa jam lagi ampe tiba waktu shaur pertama (ga sabar…heuheu) semoga ALLAH masi memberi lany kesempatan sampai tiba waktunyah.. amiieennn……

sebenernyah malem inih rencana lany mw ngetik laporan… tp kok jadi malah nyasar ke blog…. nyasar ke plurk.. tp kayaknyah neyh malem memang waktu yg ga produktif buath lany… ntahlah pengen merenung duyu sejenak (jiiaaahh bahasana)… yah begitulah pengennyah lany malem inihhh…. yupz…. dibaca dari berbagai sumber dan memang begitu kerasanyah… ramadhan ituh buanyyaaakkk tenan makna nyah, keutamaan2 nyah pokoknyah bulan yang yahuuuuuuuuuuuuddd bgd….

sedikit mengulas tentang keutamaan bulan yang satu inih… yupz…. apa c keutamaan bulan Ramadhan ituh????

  • ketika kita shaum pada bulan ramadhan ini berarti kita menahan diri, menahan diri dari makan, minum dan yang terpenting kita menahan diri dari hawa nafsu… kita tau bahwa kita diawasi…. makanyah kita berusaha menahan diri dari hal apapun yang membatalkannyah:-)
  • shalat tarawih… sholat inih hukumnyah memang sunnah tapiiiii bagi yang berambisi mendapatkan maghfirah dari ALLAH Swt maka lakukanlah… emang rasanyah seperti sayur tanpa garem klu ga tarawih excapt yg lagi absen tentunyah,,heuheu…
  • turunnyah Al-Qur’an…. “Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan”.(Al-Qadar:1)
  • Lailatul Qadar (malam yang lebih baik dari seribu bulan)… klo saat malam inih kita sedang beribadah kepada ALLAH maka akan diampuni dosa2 kita…..

klo disebutin satu2 buanyyaaakk bgt keutamaan ramadhan… intinyah… dalam bulan yang penuh dengan maghfirah inih kita harus menggunakan dengan sebaik2nyah untuk menggapai ridhoNYA…. bersiap2 menyambut bulan yang begitu dinantikan seluruh umat moslem…:-)

RABBI…..

karuniaMU begitu berlimpah…….

nikmat yang begitu luar biasa hingga hamba masih bisa bertasbih memujiMU…..

KAU memberi hamba banyak kesempatan untuk berubah meskipun hamba sering melukai kepercayaanMU dengan kesalahan dan kebodohanku………

aku berteriak…. meminta ampun kepadaMU…. tp pada detik yang sama khilafku juga membelenggu…

ALLAH….. dekap aku…. dekap aku…. dekap aku… kumohon……

betapa menggunung dosaku RABBI….

sampai aku tersentak jika mengingat lagi semuanya….

aku malu….. terlalu malu…. untuk memimpikan syurgaMU….

hatiku mungkin telah menghitam oleh dosa,,, sampai airmataku jika kukuras habis takkan pernah cukup membasuhnya,,, takkan pernah……….

RABBI…..

ampuniiiiiiiiiiiiii hamba……

*hanya satu hal yg lany ingat…..’mampukah lany menghadapNYA dengan tersenyum?*

aku ingin mencintaiMU..

Posted in SekedarMuhasabah on Agustus 19, 2009 by lanymeeladh

Tuhan betapa aku malu atas semua yang Kau beri padahal diriku terlalu sering membuatMU kecewa
entah mungkin karna ku terlena sementara Engkau beri aku kesempatan berulang kali agar aku kembali
dalam fitrahku sebagai manusia untuk menghambakanMU
betapa tak ada apa-apanya aku dihadapanMU
aku ingin mencintaiMU
setulusnya,sebenar-benar aku cinta
dalam do’a dalam ucapan dalam setiap langkahku
aku ingin mendekatiMU selamanya
sehina apapun diriku
kuberharap untuk bertemu denganMU ya Rabbi

maaf, andakah kekasih ALLAH??? :-)

Posted in SekedarMuhasabah on Agustus 17, 2009 by lanymeeladh

Abis baca buku “Maaf, Andakah Kekasih ALLAH” jadi *ngabirigidig* teringat banyak hal yang membuat lany kembali bertanya…”apakah salah satunyah lany” ^tuuuiiiiing…tuiinnggg^ agak puyeng juga cuz kayaknyah jauh banget ma predikat ituh:p….

Chapter pertama dari bukunyah ngebahas tentang “bagaimana ALLAH mencintaimu???” naah lho??? Bukankah ALLAH memang sangat mencintai makhluknyah makanya nikmat yang kita rasakan begituh rruuuaarrr byasa…. Itu bukti bahwa ALLAH begituh mencintai makhluknyah…  tapi pertanyaannyah “apakah kita termasuk golongan hamba2 yang kita mencintai ALLAH dan ALLAH pun mencintai kita???”. ALLAH Swt berfirman,

maka kelak ALLAH akan mendatangkan suatu kaum yang ALLAH mencintai mereka, mereka pun mencintaiNYA” (QS Al-Maidah[5]:54)

Dalam buku ntuh katanyah ada beberapa point yg menunjukkan ciri prilaku orang-orang yang berhasil meraih cintaNYA….

  • Mereka bergegas untuk berhias dengan sifat-sifat yang telah ALLAH kabarkan, bahwa ALLAH mencintai keluarganya agar mereka memburu cinta ALLAH Azza wa jalla.
  • Mereka akan menghindar dari sifat-sifat dan perbuatan yang tidak disukai ALLAH Swt.
  • Mereka sangat kuat kebergantungan dan kesibukannya dengan Dzat yang  Mahatinggi, ALLAH Swt.

Seperti sabda Rasulullah Saw :

apabila ALLAH mencintai seorang hamba, ALLAH memberinya kepuasan dan ia tidak disibukkan oleh istri dan anaknya”

Klo lany coba telusuri 3 hal diatas mungkin seperti hal yang mudah tapi in fact.. mencintai ALLAH tanpa tapi ituh begitu sulit… karena terkadang tanpa lany sadari dikontaminasi ma cinta kepada sesama manusia… meskipun ituh memang berkah dari sang pencipta cinta kadang lany lebih mencintai sesama manusia [baca : lawan jenis… ya iyalah masa cinta sesama jenis…wkwkwkwk]. Tapi pada perjalannyah ntah kenapa cerita cinta lany selalu menggores luka..heuheu… yang pada akhirnyah sekarang… ngebuath lany sadar akan cinta hakiki……. (terlebih begitu panjang perjalanan yang lany tempuh untuk sampai pada keyakinan ini…. Betul2 mencintai tanpa tapi……… mudah2an lany tetep istiqomah).

RABBI…

Kuteriakkan asaku… hanya PadaMU……

Dekap hamba RABBI……

Berikan hamba kesabaran sampai tiba saatnyah ENGKAU mempertemukan hamba dengan seorang imam pilihan MU……

Aku hanya MencintaiMU……

mencintaiMU………….

Dan hanya mengemis cintaMU……

Di Persimpangan aku berdiri

Posted in aQuw dalam lirik on Agustus 17, 2009 by lanymeeladh

Cukuplah…
kusimpan semua ceritaku
yang dulu

Tentangku…
tentang apapun yang membuatku
tiada berarti

Di Persimpangan aku..
berdiri
membisu
harus kuputuskan
kemanakah ku melangkah…

Jangan lagi
usikku meski aku tak tau
kemana lagi aku berlari
kejar harapan
yang sempat mengelam
biarkanlah
kuhidup dengan nafas yang baru
nafas yang menyimpan kedamaian
di persimpangan
aku berdiri

Cukup Januari kemarin kutinggalkan
kelamku…
tentangku
dan masa lalu yang membuatku
tiada berarti

edcoustic

semuayah membuatquw tertegun………

apa yg telah terjadi di masa lalu……..

terkadang membuatkuw terpekur…..

betapa diri inih penuh dosa RABBI…..

aku ingiiiinnnnnn mengulang semuanyah…..

mengulang waktu……. mengembalikan apa yg telah aku lewatkan…..

tp ituh tidak mungkin bukan?????????

saat iniiiihhhhh…….

hanya keyakinan yang tertinggal….. aku bisa mengejar yang tertinggal…..

membelakangi masa lalu…. genggam masa depan dengan tersenyumm…..

ampuni hamba RABBI………………..

dekap hamba………………………..

aku mencintaiMU… tanpa TAPI….